Pilih yang Unik atau yang Enak? Ini 10 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bisa Kamu Bawa Pulang

January 17, 2020

Jogja. Kota yang dijuluki sebagai kota pelajar ini memang memiliki daya tarik tinggi. Bicara tentang pengalaman berlibur di Jogja rasanya tak akan ada habisnya. Banyaknya tempat wisata, nikmatnya kuliner lokal serta keagungan seni budayanya membuat liburan lama atau singkat disana terasa sama serunya. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan selama berlibur di Jogja, mulai dari biaya penginapan, tiket masuk ke lokasi wisata, makan, sampai  biaya sewa mobil yogyakarta misalnya, juga terbilang cukup murah.

Oleh-Oleh Khas Jogja

Ya, berlibur tidak akan sah jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas kota destinasi wisata. Jogja sebagai salah satu kota destinasi wisata favorit di Indonesia menawarkan berbagai macam oleh-oleh menarik dengan harga murah. Berikut beberapa contoh diantaranya.

1. Bakpia

Jika ditanya apa oleh-oleh khas Jogja, pasti jawaban paling banyak adalah bakpia. Kue khas Jogja yang terbuat dari tepung dengan isian kacang hijau, keju, durian, green tea dan cokelat ini banyak digemari wisatawan yang mengunjungi kota Jogja.

2. Gudeg Kalengan

Lain lagi jika ditanya tentang apa makanan khas Jogja, jawabannya adalah gudeg. Gudeg adalah makanan basah khas Jogja yang merupakan olahan nangka muda. Walaupun berjenis makanan basah, saat ini tersedia versi gudeg kalengan yang lebih tahan lama dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk rekan dan keluarga di rumah.

3. Geplak

Merupakan camilan yang terbuat dari parutan kelapa dicampur dengan gula merah atau gula pasir yang merupakan makanan khas Bantul, Yogyakarta. Geplak dibuat dalam berbagai warna seperti putih, cokelat, kuning, dan hijau dengan pilihan rasa jahe, strawberry, dan durian.

4. Yangko

Yangko merupakan kue kotak kenyal yang terbuat dari tepung beras. Konon katanya kue ini disajikan untuk para raja dan priyayi karena bahan pembuatannya yang mahal. Yangko ini biasa disebut "moci"-nya Jogja.

5. Jogja Scrummy

Beralih ke oleh-oleh modern, kue Jogja Scrummy bisa menjadi pilihan oleh-oleh dari Jogja. Jogja Scrummy merupakan salah satu ‘kue artis’ yang ada di Jogja dan hanya bisa ditemukan di Jogja. Kuliner milik Dude Herlino ini memiliki pilihan rasa cokelat, keju, mangga, srikaya, dan karamel.

6. Dagadu Jogja

Jika Bali punya Joger, Joga punya Dagadu. Dagadu merupakan merek khas Jogja dan produk aslinya hanya bisa ditemukan di Jogja. Gerai Dagadu tak hanya menjual berbagai macam desain kaos unik khas Jogja, tetapi juga souvenir dan aksesoris.

7. Batik

Jogja sebagai salah satu kota budaya Jawa, sangat kental dengan unsur batik. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk membeli berbagai macam koleksi Batik di pasar Beringharjo, Malioboro, Kampung Batik Giriloyo, dan Kampung Batik Ngasem.

8. Barang Antik

Di pasar Beringharjo banyak dijual barang antik seperti koin lama, porselen, patung dewa, perabotan kuno, setrika uap, sampai arca. Walaupun barang antik, harga di pasar Beringharjo sangat terjangkau.

9. Gerabah

Bagi anda penyuka barang-barang unik jangan lupa untuk membawa pulang gerabah kerajinan khas Kasongan yang berupa guci, patung, vas bunga, teko, dan kerajinan tanah liat lainnya.

10. Souvenir dan Aksesoris

Jika berkunjung ke Malioboro anda akan menemukan penjual souvenir dan aksesoris di sepanjang jalan Malioboro. Harga souvenir dan aksesoris ini sangat terjangkau. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan untuk membeli souvenir dan pernak-pernik yang menarik di Jogja.

Demikian ulasan beberapa oleh-oleh khas Jogja yang bisa dibawa pulang untuk rekan dan keluarga. Tidak hanya pilihannya yang beragam, harganya juga sangat terjangkau. Oleh karena itu anda tidak akan bangkrut jika membeli oleh-oleh tersebut dalam jumlah yang banyak. Bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi serta tidak menggunakan agen travel jogja, Anda tidak perlu khawatir jika kelebihan bawaan karena Raditrans menyediakan sewa mobil Yogyakarta yang tersedia untuk memudahkan Anda membawanya kembali ke tempat penginapan atau langsung ke stasiun maupun bandara.