Itinerary Wisata 5 Hari di Jogja & Solo

March 1, 2019

Buat kamu yang punya rencana traveling di wisata Jogja dan Solo selama 5 hari, tentunya butuh panduan itinerary yang dapat membantu rencana perjalanan kamu lebih lancar dan aman.

Dalam kondisi ekonomi yang sulit seperti sekarang ini, rencana harus benar-benar diatur sedemikian rupa agar lebih hemat, efisien dan target mengunjungi banyak tempat bisa tercapai.

Jogja dan Solo masih menjadi salah satu destinasi wisata menarik bagi traveller. Bukan hanya karena lokasinya yang berdekatan, tempat-tempat wisata di daerah ini umumnya menyajikan tradisi dan keindahan alam yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Apalagi secara ekonomi biaya hidup di kedua kota ini masih lebih murah dibandingkan daerah lain sehingga banyak orang yang tetap menjadikan Jogja dan Solo tempat tujuan di saat liburan datang.

Paket Wisata Solo-Jogja Selama 5 Hari, Begini Itinerary nya

Panduan itinerary berikut ini bisa kamu coba jika kebetulan sedang mencari paket wisata 5 hari untuk destinasi Jogja-Solo:

Rute Wisata

Dengan waktu lima hari, yang harus pertama kamu pikirkan adalah rute destinasi di dua kota yang harus dituju.

water castle jogja / kraton / istana air
Water Castle / Taman Sari Jogja

Untuk hari pertama kamu bisa mendarat langsung di Jogja. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Istana Sultan, industri batik, water castle, makan siang dan check in di hotel. Malam pertama kamu bisa menikmati suasana Jogja.

lava tour jogja
Lava Tour Jogja

Hari kedua masih menikmati wisata Jogja, kamu bisa berkunjung ke Candi Borobudur, Lava Tour di daerah Kaliadem dan makan siang di kawasan setempat.

Di Candi Borobudur kamu bisa melihat langsung kemegahan bangunan yang mendunia tersebut, lalu berfoto dan membeli oleh-oleh di area kompleks candi.

Sementara di Lava Tour, kamu bisa memilih paket tour mengelilingi kawasan bekas letusan gunung Merapi yang kini dijadikan tempat wisata menarik oleh masyarakat setempat.

Selanjutnya mengunjungi industri perak, berbelanja ke Malioboro dan kembali ke hotel untuk istirahat.

istana mangkunegaran
Istana Mangkunegaran Solo

Pada hari ketiga, pagi-pagi menuju ke Kota Solo. Di Solo kamu bisa mengunjungi Istana Mangkunegara, Pasar Klewer untuk berbelanja aneka jenis batik yang murah, makan siang dan langsung menuju ke Candi Prambanan.

Sore harinya bisa kembali lagi ke Jogja.

Dieng Jogja
Dieng Dengan Suhu Sangat Dingin Hingga Seperti Bersalju

Lalu di hari keempat, saatnya kamu menikmati wisata Dieng yang terkenal. Perjalanan menuju ke lokasi sekitar 3,5 jam perjalanan dari Jogja. Pemandangan perkebunan sangat indah kita saksikan.

Di tempat wisata ini kamu bisa mengunjungi Gunung Sindoro, Komplek Candi Arjuna, Telaga Warna, Kawah Sikidang dan makan siang di lokasi setempat. Setelah puas bisa kembali lagi ke Jogja.

pusat oleh oleh jogja
Pusat Oleh Oleh Jogja

Di hari kelima kamu masih bisa menikmati wisata Jogja untuk persiapan membeli oleh-oleh.

Kamu bisa berkunjung ke Pasar Beringin Harjo atau Malioboro untuk membeli aneka cendera mata. Setelah selesai bisa langsung ke bandara sesuai jadwal penerbangan.

Perkiraan Anggaran / Biaya / Harga

Biaya tour rata-rata yang ditawarkan oleh penyedia jasa travel untuk rute wisata Solo-Jogja dalam sehari untuk dua orang mencapai 700ribuan rupiah.

Angka ini biasanya sudah include semuanya, mulai dari penginapan, makan, kendaraan perjalanan dan konsumsi selama perjalanan.

Biaya akan semakin murah jika jumlah rombonganmu semakin banyak. Untuk estimasi 10 hingga 15 orang, biaya per orang bisa turun menjadi 300ribuan rupiah saja per harinya. Angka ini tentu lebih menguntungkan.

Jadi jika sekitar 5 hari, biaya yang dihabiskan tidak lebih dari 2 juta rupiah bukan? Itu jika jumlah rombongan semakin banyak.

Soal harga ini sebenarnya bisa ditekan kalau kamu mau melakukan perjalanan  sendiri. Tetapi biasanya akan sangat tidak efisien, kecuali kalau kamu punya teman di Jogja-Solo yang memang sudah berpengalaman mengantarkan wisatawan berkunjung.

Fasilitas dan Transportasi

Kalau kamu memilih menggunakan jasa tour wisata Jogja-Solo, biasanya kendaraan disesuaikan dengan jumlah orangnya.

Kalau kamu wisata rombongan, selain bus besar biasanya juga menggunakan sejenis mobil elf yang kecil.

Untuk rute perjalanan mendaki biasanya jenis kendaraan yang dipakai adalah bus kecil. Cukup nyaman dan membuat kamu enjoy dalam perjalanan.

Sementara untuk penginapan, biasanya penyedia jasa travelling memilih hotel bintang tiga untuk paket standar.

Hotel bintang tiga di Jogja tarifnya juga sudah lumayan mahal lho dibanding di kota lain. Jadi ini sudah cukup istimewa kalau kamu memilih penyedia jasa.

Tapi kalau kamu mau cari penginapan sendiri juga bisa. Di Jogja masih banyak penginapan dengan tariff di bawah 200ribu rupiah per malam. Semacam homestay dan sejenisnya.

Namun, kalau dihitung-hitung memang lebih menguntungkan memilih paket wisata Solo-Jogja di penyedia jasa travel, apalagi kalau kamu wisata rombongan.

Apa yang Bisa Kamu Lakukan di Jogja-Solo?

Sebenarnya selain berkunjung ke tempat-tempat wisata seperti yang dijelaskan di atas, kamu bisa melakukan banyak hal menarik di Kota Jogja dan Solo.

Misalnya buat kamu pecinta buku, dua kota tersebut menjadi pusat penjualan buku murah yang pantas kamu buru.

Datang langsung ke berbagai penerbit ternama untuk melihat proses penerbitan buku misalnya. Kalau kamu beruntung, biasanya akan banyak diselenggarakan book fair di kota tersebut.

Pada malam hari misalnya, saat jadwal jalan-jalan kosong, kamu bisa keliling Kota Jogja melihat bagaimana tradisi masyarakat kota ini di malam hari.

Melihat kesenian khas Jogja pada malam hari, melihat masjid Jogokarian yang menjadi salah satu masjid dengan manajemen terbaik bagi jamaahnya, melihat lebih dekat kampus-kampus ternama dan masih banyak lagi.

Satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dari wisata Jogja maupun Solo adalah tradisi belajar orang-orang di tempat ini sangat kuat.

Kamu akan melihat tempat-tempat kajian ilmu penuh dikunjungi banyak orang. Sopir bus dan tukang becak yang rajin membaca dan suasana kendaraan umum yang tenang dan bebas musik keras.

Perkiraan Waktu

Untuk waktu sebaiknya kamu mulai dari hari kerja jika kebetulan mengambil waktu di luar hari libur.

Wisata dimulai dari Senin hingga Jumat. Kenapa tidak mengambil weekend? Ini agar suasana wisata yang kamu lakukan lebih berkesan.

Berwisata pada hari libur ke tempat-tempat wisata Solo dan Jogja biasanya kurang nyaman pada saat liburan.

Selain pengunjungnya lebih banyak, tiket masuk lebih mahal dan segala fasilitas harganya juga lebih mahal. Jadi jika benar-benar serius ingin traveling, kamu harus cari waktu dari efektif agar wisata yang kamu lakukan pun efektif dan berkesan.

Nah bagaimana menurutmu sekarang? Sudah siap wisata 5 hari di Jogja-Solo? Meskipun harga tiket pesawat saat ini mahal, kamu bisa memakai jenis transportasi lain untuk sampai ke Jogja.

Misalnya bila kamu berasal dari luar Jawa, kamu bisa mencari penerbangan ke Jakarta lebih dulu lalu disambung kereta api menuju ke Jogja.

Dan jika kamu masih berasal dari Pulau Jawa, menggunakan jalur darat kereta api tentu lebih nyaman dan menguntungkan.

Kamu bisa manfaatkan diskon kartu kredit yang kamu miliki, atau mungkin milik orangtuamu, atau bahkan milik teman-temanmu.

Nikmati perjalanan wisata Solo-Jogja yang lebih berkesan dengan rencana perjalanan yang lebih matang dan terencana.

Dari pada pusing mikirin transportasi dan lelah nyetir, sewa mobil yogyakarta aja yuk dari Raditrans. Kalau mau grup, bisa juga sewa elf jogja atau rental hiace jogja dari Raditrans!