6 Oleh-Oleh Penganan Khas Semarang yang Nikmat

January 19, 2020

Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah yang berlokasi di belahan utara pulau Jawa. Kota ini memiliki berbagai potensi wisata yang menarik mulai dari wisata laut, gunung, wisata kota, maupun wisata budaya dan lain sebagainya. Salah satu fakta yang menarik dari kota Semarang adalah sejak dulu di kota ini, suku Jawa dan Tionghoa dapat hidup harmonis dan saling berdampingan.

Untuk kemudahan berlibur di Semarang Anda bisa memanfaatkan agen travel semarang yang tidak hanya menawarkan paket wisata saja tetapi juga fasilitas lainnya seperti, sewa mobil jogja semarang dan sewa hiace semarang. Jadi, Anda bisa berlibur dengan aman dan nyaman. Saat berlibur di Semarang jangan lupa membeli oleh-oleh khas Semarang. Terutama penganan khasnya yang nikmat. Berikut 6 oleh-oleh penganan khas Semarang yang wajib Anda coba.

Oleh-Oleh Penganan Khas Semarang

Ada Lumpia, Tahu Bakso, Bandeng Presto, Roti Ganjel Rel, Roti Brilliant dan Mochi Gemini. Simak masing-masing ulasannya di bawah ini.

1. Lumpia

Makanan ini dibuat dengan isian rebung atau bambu muda, dicampur dengan ayam atau yang lainnya kemudian dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng. Makanan ini sangat umum dan sangat mudah ditemukan di Semarang dengan kisaran harga mulai 2ribu rupiah.

Perlu menjadi perhatian bagi umat muslim agar mencari Lumpia yang memiliki setifikat Halal MUI, karena di Semarang banyak warga Tionghoa jadi lumpia yang dijual juga beragam, ada yang halal dan tidak.  

2. Tahu Bakso

Salah satu oleh-oleh khas Semarang lainnya adalah Tahu Bakso. Memang Tahu Bakso mudah ditemukan dikota manapun tidak hanya di Semarang, tetapi di Semarang ada tahu bakso yang sangat terkenal yaitu Tahubaxo Ibu Pudji. Tahu Bakso khas Ungaran, Semarang ini sangat cocok dijadikan buah tangan bagi keluarga dan teman.

3. Bandeng Presto

Bandeng presto atau lebih dikenal dengan bandeng duri lunak merupakan salah satu olahan ikan bandeng yang banyak digemari wisatawan yang datang ke Semarang. Ikan tambak ini diolah agar duri dan tulangnya aman dimakan secara langsung, sehingga tidak mempersulit orang yang memakannya.

Harga bandeng berukuran kecil dijual dengan kisaran harga 64 ribu /kg yang berisi 5-6 ekor, bandeng berukuran sedang dijual dengan kisaran harga 68 ribu/kg yang berisi 4 ekor, sedangkan bandeng berukuran besar dijual dengan kisaran harga 71 ribu/kg yang berisi 3 ekor.

4. Roti Ganjel Rel

Nama roti ini terbilang sangat unik. Disebut Roti Ganjel Rel karena bentuknya mirip dengan ganjalan rel kereta. Roti khas Semarang ini dibuat dari tepung tapioka, air nira, kayu manis, santan, dengan taburan wijen. Harga roti ini sangat terjangkau yaitu 20 ribu per kotak.

5. Roti Brilliant

Dikenal juga dengan nama Brilliant Super Cake merupakan kue tradisional khas Semarang. Yang menarik dari kue ini adalah, kue ini bisa bertahan sampai 2 bulan atau 60 hari meskipun tanpa bahan pengawet. Kue ini dijual dengan harga 100ribu per kotak. Varian rasa yang tersedia adalah keju, cokelat, almond, dan kismis.

6. Moaci Gemini Semarang

Kue mochi juga bisa ditemukan di Bandung dan Sumedang tetapi yang unik dari mochi khas Semarang ini adalah bentuknya. Jika mochi pada umumnya berwarna putih, mochi khas Semarang hampir mirip seperti Onde-onde yang dibuat dengan tepung ketan dengan isian kacang cincang dan gula serta dibalut dengan wijen. Salah satu mochi yang terkenal di Semarang adalah Moaci Gemini yang dijual dengan harga Rp 44.500,- per kotak dengan isi 25 biji.

Itulah ulasan beberapa oleh-oleh penganan khas Semarang nikmat yang bisa Anda bagikan ke keluarga dan teman Anda. Jika Anda sedang berada di Jogja dan ingin mampir untuk berwisata ke Semarang, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja Semarang dari Raditrans. Raditrans akan membawa Anda menuju pusat oleh-oleh untuk membelinya.