10 Kuliner Khas Malang yang Enak di Tahun 2019

April 22, 2019

Datang ke sebuah kota Malang dengan tujuan berlibur, jalan-jalan atau memang untuk keperluan formal seperti perjalanan bisnis atau lainnya tentu tak akan lengkap kalau tak mencoba hidangan khasnya. Apalagi kalau kota tujuannya adalah Kota Malang di Jawa Timur yang memang kesohor dengan berbagai macam hidangan kuliner menggugah selera.

 

Dari yang paling terkenal di seantero negeri, apalagi kalau bukan bakso Malang, hingga hidangan pengusir dingin semacam ronde, semua layak untuk dicoba demi memuaskan selera atau sekedar bernostalgia. Berikut ini ada 10 daftar menu kuliner khas malang yang paling enak dan tak lekang oleh zaman ketika kamu berkunjung untuk melakukan travel Jogja Malang.

 

10 Kuliner Khas Malang Yang Enak dan Tak Lekang Oleh Zaman

 Sebagai sebuah kota berjuluk Kota Vokasi, Kota Malang tak lepasdari aliran pendatang yang pulang balik ke kota ini untuk tujuan belajar. Halini kemudian memunculkan berbagai lokasi kuliner dengan beragam cita rasa dan pilihan yang kadang membingungkan untuk dicoba. 10 kuliner berikut tak pernah lekang oleh waktu dan senantiasa hits bahkan hingga di 2019 ini.

 

1.  Bakso

Hidangan yang satu ini bahkan sudah punya cap tersendiri, belum ke Malang kalau belum mencoba bakso khas Malang. Bakso khas Malang dikenal punya citarasa yang unik dengan resep otentik.

 

Beberapa nama seperti Bakso President, yang ada di  Jalan Batanghari No 5 dan telah buka sejak 1977, atau nama bakso lain seperti Bakso Kota Cak Man yang punya banyak cabang bahkan hingga ke kota-kota lain.

 

Tidak hanya itu, bahkan juga ada Bakso Bakar Pahlawan Trip dengan ciri utama bakso yang dibakar sebelum disajikan patut ada dalam daftar menu kunjungan kuliner kala singgah di Kota Malang.

 

2.  Rawon

Hidangan ini khas Jawa Timur serta terkenal dengan kuah hitamnya. Kota Malang juga menyimpan berbagai lokasi kuliner, tempat bersantap rawon yang menggugah selera. Beberapa yang paling terkenal adalah Rawon Djenggot yang berlokasi di Jalan Simpang Kawi No. 1, Bareng, Kecamatan Klojen.

Selain itu, bila menginginkan menu rawon yang tersaji a la pujasera, Warung Subuh yang berada di Jalan Raya Langsep No. 9 Kota Malang juga pas untuk didatangi. Soal rasa semua sudah melegenda, tergantung mana yang paling cocok di hati dan lidah penikmatnya.

 

3.  Pecel

Hidangan ini cocok untuk sarapan, makan siang maupun malam. Siapa saja yang singgah ke Malang bisa dengan mudah menemukan berbagai ragam olahan pecel baik yang khusus menyajikan satu menu maupun didampingkan dengan menu-menu lainnya.

 

Salah satu yang paling terkenal adalah pecel kawi yang terdapat Jalan Kawi Atas No. 43B. Seporsi pecel dengan lauk pilihan cocok untuk membuka pagi sebelum mulai mengeksplorasi Kota Bunga ini.

 

4.  Mie Ayam dan Pangsit Mie

Hidangan mie sudah lekat dalam keseharian warga Malang. Cuaca yangkadang bisa berubah redup dan mendung tentu sangat nyaman bila saat lapar menjelang semangkok mie tersaji dan siap mengisi perut.

Ada beberapa kedai mie ayam ataupun pangsit mie yang legendaris dan patut dicoba. Salah satunya di Jalan Simpang Wilis Indah No. 10, yaitu Kedai Mie dan Es Degan Pak Ri.

 

Atau bila ingin sekelas depot, cobalah singgah ke Depot Mie Gang Jangkrik yang salah satu cabangnya ada di Jalan Letjen Sutoyo No. 136 Purwantoro. Dan bila masih kurang, cobalah singgah ke Jalan Pasar Besar 17A untuk mencicipi Mie Gajah Mada yang tak kalah kesohor.

 

5.  Nasi Goreng

Kota Malang adalah gudangnya nasi goreng. Berbagai varian sertacara penyajian nasi goreng siap menggoda selera. Namun, tak lengkap rasanya bila tak menjajal “sego resek” kuliner nasi goreng yang sangat khas dan hanya ada di Malang.

 

Tertarik mencoba? Silahkan datang ke Jalan Brigjen Katamso, Kauman, Kecamatan Klojen. Bersiaplah untuk antrian demi kenikmatan yang membuat siapa saja penasaran.

 

6.  Tahu Tek dan Tahu Telor

Tahu telor dan tahu tek sebenarnya merujuk pada hidangan yang sama. Bumbu kacang, isian serta pelengkap yang sama, namun yang berbeda adalah penambahan telur sebagai pelengkap.

 

Kota Malang punya berbagai varian tahu telor baik buka di malam hari maupun waktu sore menjelang. Salah satu yang legendaris adalah Tahu Telor Pak Suroto yang ada di Pasar Bareng, Kecamatan Klojen.

 

7.  Soto

Kalau sudah berbicara soal soto, Kota Malang akan membuat bingung. Ada berbagai varian soto baik dengan olahan daging ayam maupun sapi. Saking banyaknya siapa saja bisa dibikin bingung.

 

Salah satu soto ayam yang terbilang kesohor ada di Jalan Brigjen Slamet Riadi No. 14C, namanya Soto Ayam Lamongan. Meski tak membawa identitasatau nama Kota Malang sebagai cirinya, warung soto ini telah sekian lama memuaskan selera warga Malang.

Merasa tak cocok dengan soto ayam, cobalah soto daging sapi?

 

Ada beberapa warung soto daging seperti misalnya, Soto Daging Pak Amir, yang ada di Jalan Raya Perusahaan No. 28, Tanjungtirto, Singosari, atau juga Soto Daging Rahayu, pindahan dari Pasar Besar Malang yang terletak di Pujasera Yumna, Mergosono Gang 7 No.13, Kedungkandang. Semua siap memuaskan selera.

 

8.  STMJ, Roti Bakar dan Jagung Bakar

Tak elok rasanya memisahkan ketiga jenis hidangan ini dari satu menu. Sebab ketiganya seolah tak terpisahkan. STMJ adalah minuman khas Malang yang mudah ditemui di seluruh penjuru kota, biasa disajikan dengan kudapan pendamping, jagung bakar atau roti bakar.

 

Bila tak ingin berputar terlalu lama, cukup datang ke Pujasera di Jalan Pulosari, Gading Kasri, Kecamatan Klojen. Di tempat ini sangat banyak penjual yang menyajikan menu khas Malang ini. Tinggal pilih sesuai selera.

 

9.  Sate dan Gule

Masih dengan hidangan berat, warung sate dan gule juga mudahditemui serta menjadi favorit warga malang karena sesuai dengan cuaca di kota ini. Ada beberapa lokasi paling terkenal yang tak pernah lekang oleh zaman karena rasanya yang kesohor.

 

Salah satunya adalah Warung Sate dan Gule Kambing Bang Saleh yang berlokasi di Jalan Ade Irma Suryani 42, Kauman, Kecamatan Klojen. Selain itu juga masih ada Warung Sate Paino, yang berlokasi di Ruko No. 315, Jalan Hamid Rusdi Timur No. IV, Bunulrejo.

 

10. Angsle dan Ronde

Hawa dingin malang sangat pas dihalau dengan minuman semacam STMJ atau wedang angsle dan ronde. Salah satu yang paling legendaris adalah Angsle dan Ronde Titoni yang sudah buka sejak 1948. Di warung yang berlokasi di Jl. Zainal Arifin 17 ini juga tersediaaneka kudapan semacam cakwe atau  roti goreng , tinggal pilih sesuai selera.

 

Itulah tadi sepuluh kuliner khas malang yang enak dan tak pernah lekang oleh zaman. Sengaja kami hadirkan dalam bahasan rinci agar siapa saja mengerti bahwa Kota Malang bukan sekedar menyimpan keindahan tata ruang dan tata kota yang mampu memanjakan mata. Selain itu, tersimpan pula khazanah kuliner yang siap menggugah selera.