9 Kuliner Jogja Paling Enak di Tahun 2019

April 22, 2019

Traveling ke Jogja tidak harus selalu dihabiskan dengan mengunjungi lokasi wisata bersejarah atau wisata pegunungan. Agar kegiatan kamu lebih menyenangkan, sisipkan beberapa hari untuk melakukan wisata kuliner. Di Jogja ada banyak makanan enak dan populer yang wajib dicoba bagi para pelancong. Meskipun gudeg bisa kita temukan di mana saja, tapi rasa gudeg dari tempat asalnya pasti jauh lebih enak.

 

Rekomendasi 10 Kuliner Lezat dan Populer di Jogja Tahun 2019

Selain menyiapkan informasi seputar rental mobil di Jogja, hal lain yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan beberapa informasi terkait makanan lezat yang hanya bisa ditemui di Jogja. Berikut rekomendasi 10 wisata kuliner Jogja yang lezat dan populer di tahun 2019 :

  1. Gudeg Pawon
( sumber foto : http://jajanjogja.com )

Diurutan pertama ada Gudeg Pawon. Bagi yang suka makan gudeg, tempat ini menjadi tempat kuliner paling pas saat liburan di Jogja. Proses memasak gudegnya masih sangat tradisional sehingga rasa gudeknya lebih nendang dan gurih di lidah. Setiap harinya tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat bahkan pelancong lokal dan mancanegara.

  1. Saoto Bathok Mbah Katro
( sumber foto : www.gudeg.net )

Untuk menikmati santap malam hari pada malam pertama di Jogja, kamu bisa menikmati Saoto Batok Mbah Katro. Tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat dan segar, soto ini disajikan dengan cara yang cukup unik. Untuk menggantikan mangkuk, pihak pengelola memilih batok kelapa. Sayangnya porsi semangkuk soto di sini tidak terlalu banyak. Supaya kenyang, kamu harus menyantapnya bersama nasi hangat.

  1. Angkringan Lik Man
( sumber foto : instagram/didtroger )

Liburan di Jogja tidak asyik bila tidak makan di angkringan. Ada banyak camilan dan makanan menarik yang tersedia bahkan ada juga kopi joss. Kopi joss merupakan sajian kopi panas yang disajikan bersama arang panas. Rasa dari kopi joss tentunya berbeda dari kopi biasa. Mayoritas makanan yang dijual di angkringan porsinya kecil sebesar tusuk sate, tapi harganya sangat terjangkau.

  1. Sego Koyor Bu Parman
( sumber foto : streetfoodstories )

Sego Koyor merupakan urat sapi yang diolah menggunakan rempah-rempah alami dan kuah santan. Rasanya sangat gurih dan segar, cocok untuk menghangatkan perut di malam hari.

  1. Sate Klatak Pak Pong
( sumber foto : angkytan )

Sateyang satu ini namanya sangat unik. Nama Sate Klatak diambil karena proses pengolahannya yang unik, tusuk satenya sendiri menggunakan jeruji besi. Ketika sate kambing yang telah dibumbui dibakar akan terdengar bunyi klatak-klatak.

  1. Brongkos Warung Ijo Bu Padmo
( sumber foto : injogjafood )

Penggemardaging sapi akan merasakan banyak hidangan daging sapi lezat dan menarik di Jogja termasuk Brongkos ini. Brongkos dibuat dari potongan daging sapi rebus yang kemudian dibumbui dengan menggunakan banyak rempah-rempah dan bumbu istimewa.

  1. Soto Sampah
( sumber foto : sotosampahjogja_ )

Meskipun namanya aneh, kuliner Jogja ini sangat lezat. Tidak heran jika setiap hari banyak anak muda Jogja yang datang mencicipi Soto Sampah. Selain terkenal unik dan lezat, makanan ini juga dijual dengan harga murah.

  1. Nasi Kerabu Ayam Percik
( sumber foto : ceritamakan )

Visualisasi makanan ini sangat menggoda banget. Kamu yang tertarik mencicipi Nasi Kerabu Ayam Pecik, wajib mengunjungi Café My Kopi O. Keunikan dari makanan ini terletak pada nasinya yang berwarna biru.

  1. Oseng Mercon Bu Narti
( sumber foto : jogjafood )

Pecinta kuliner pedas tidak boleh melewatkan Oseng Mercon Bu Narti. Oseng Mercon merupakan hidangan lezat yang dibuat dari daging sapi, kikil, tulang muda, dan gajih. Semua jeroan sapi ditumis dengan menggunakan bumbu pedas.